Bersatu Melawan Penyebaran Covid-19

Administrator 25 Maret 2020 12:33:51 WIB

Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) merupakan virus yang menyerang sistem pernafasan pada manusia sehingga dapat menyebabkan radang paru-paru (pneumoniae). Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan China pada tahun 2019. Virus ini masih satu keluarga dengan virus SARS dan MERS. Virus Corona ini bisa menular ke siapa saja dari anak-anak hingga dewasa dan dapat menular dengan mudah apabila kita tidak hati-hati.

Lalu seperti apa gejala yang timbul apabila kita terkena corona virus?

  1. Gejalanya demam lebih dari 38 C
  2. Sakit tenggorokan
  3. Sesak napas
  4. Batuk
  5. Letih dan lesu

Bagaimana sih sebenarnya corona virus menyebar? Corona virus menyebar melalui droplet yang penderita keluarkan melalui cairan ketika penderita bersin ataupun batuk. Jadi sangat penting nih jika kamu batuk atau bersin maka terapkan etika batuk dan bersin dengan benar.

Batuk dan bersin yang benar itu dengan menutup mulut dan hidung kita menggunakan tissu atau masker. Nah jika kita sedang tidak memiliki masker ataupun tissu maka tutuplah mulut dan hidung menggunakan lengan bagian dalam dan jangan arahan ke orang lain.

Selanjutnya bagaimana cara untuk mengurangi penyebaran virus ini?

  1. Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu sering mencuci tangan engan sabun atau cairan pembersi tangan mengandung alkohol.
  2. Menghindari kontak dengan hwan, pasar hewan, dan agar tidak mengkonsumsi daging hewan yang berpotensi menularkan corona virus.
  3. Jika mengalami gelaja-gejala dema dan gangguan pernafasan maka bisa menghubungi pihak pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan jika memeriksakan diri maka pakailah masker.
  4. Patuhilah intruksi pemerintah dan pelayanan kesehatan, ini semua demi kebaikan kita bersama.

Yang penting jangan panik ya, was-was boleh tapi jangan berlebihan karena hal-hal yang berlebihan itu tidak baik. Lebih lanjut bisa dipahami gambar dan dokumen yang ada di lampiran postingan ini.

Dokumen Lampiran : Mari Kita Lawan Penyebaran Covid-19


Komentar atas Bersatu Melawan Penyebaran Covid-19

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License